Web Based Lesson Materi Matematika: Jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Datar

Materi :  Bangun Ruang Sisi Datar

Kelas/ Semester: VIII/2

Standar Kompotensi :  5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma,

                                            limas dan  bagian-bagiannya serta menentukan

                                           ukurannya.

Kompetensi Dasar     :  5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma,

                                             dan limas.

Indikator  :

  1. Membuat jaring-jaring bangun ruang sisi datar menggunakan karton.
  2. Menggambar jaring-jaring kubus.
  3. Menggambar jaring-jaring balok.
  4. Menggambar jaring-jaring prisma.
  5. Menggambar jaring-jaring limas.

Tujuan:

  1. Membuat jaring-jaring bangun datar menggunakan karton.
  2. Menggambar jaring-jaring kubus.
  3. Menggambar jaring-jaring balok.
  4. Menggambar limas.
  5. Menggambar jaring-jaring limas.

Model Pembelajaran: PMRI

Kegiatan:

Berikut ini diberikan sebuah gambar.

                images (2) images (3)

Apabila kotak kardus tersebut kita belah sedemikian hingga dapat dibentangkan menjadi sebuah bidang datar yang tidak terputus apakah dapat dibentuk kembali menjadi sebuah kardus? (Pertanyaan ini mengarahkan siswa untuk memahami konsep dari jaring-jaring bangun ruang sisi datar. Setelah itu, guru bisa menjelaskan kegunaan materi dalam kehidupan sehari-hari supaya siswa mengerti manfaat dari belajar materi ini).

Pengertian Jaring-jaring

Jaring-jaring merupakan pembelahan sebuah bangun yang berkaitan sehingga jika digabungkan akan membentuk sebuah bangun ruang tertentu.

Jaring-Jaring Kubus

Sebuah kubus apabila kita potong berdasarkan rusuk-rusuknya dan  merentangkan di tiap sisinya akan menghasilkan sebuah jaring-jaring kubus.

Lihatlah video mengenai jaring-jaring kubus berikut ini.

Setelah melihat video tersebut, guru bisa memberi pertanyaan “Apa yang anda ketahui tentang jaring-jaring kubus?” (Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa sudah memiliki gambaran mengenai konsep jaring-jaring bangun ruang atau belum).

Kemudian, buatlah kelompok dengan anggota setiap kelompok 4-5 orang. Setiap kelompok menyiapkan karton, gunting, penggaris dan alat tulis (siswa dapat membawa sendiri atau guru yang menyiapkan). Lalu setiap kelompok mengerjakan tugas pada LKK (Di sini siswa dilatih untuk bekerja sama). Berikut ini LKK yang harus dikerjakan.

Download LKK.

Setelah mengerjakan LKK, beberapa kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka. (Guru hanya menfasilitasi terjadinya diskusi kelompok. Tujuannya, supaya siswa berani berpendapat, aktif bertanya, menghargai, serta bertanggung jawab).

Berikut beberapa bentuk jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas.

Kubus

323b

Balok

jb2jb3

Prisma

2e20d-jaring_jaring_prisma_segitiga1

Limas

Kemudian, dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Terakhir, guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) sebagai evaluasi.

Selamat Belajar !!

Sumber:

http://materi-prokom-nia-yeni.blogspot.com/2009/01/bangun-ruang-sisi-datar.html

http://www.youtube.com/watch?v=HQ3pWQ9tQsc

http://www.4shared.com/file/HwTVvbRE/Soal_Jaring-jaring.html

http://www.slideshare.net/agathaindy/lembar-kerja-kelompok-jaring-jaring-brsd

http://id.wikipedia.org/wiki/Kubus

http://id.wikipedia.org/wiki/Balok

http://id.wikipedia.org/wiki/Prisma_(geometri)

http://lbbku.wordpress.com/2010/03/28/materi-tentang-jaring-jaring-kubus-dan-balok/

http://id.wikipedia.org/wiki/Limas

This entry was posted in ICT. Bookmark the permalink.

2 Responses to Web Based Lesson Materi Matematika: Jaring-jaring Bangun Ruang Sisi Datar

  1. Enos Sopacuaperu says:

    Great..
    Thanks dah berbagi pengetahuannya..🙂
    Semoga makin sukses n makin bermanfaat bagi banyak orang blog nya..😀

  2. Agatha Indy says:

    Amin..
    Terimakasih..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s